Microsoft Merubah Logo pada Skype



Minggu ini muncul kabar bahwa dalam upaya rebrandingnya, Skype mengganti logo awan miliknya dengan logo yang lebih korporat.
Bukan sekali ini saja logo Skype mengalami perubahan pada logo mereka, tetapi mereka tetap mempertahankan logo yang terinspirasi dari bubble speech. Baru setelah diakuisisi Microsoft, logo Skype diganti menjadi logo awan ikonik yang kita kenal selama ini. Pada awal bulan ini, Microsoft lagi-lagi mengumumkan logo baru Skype dan juga user interface baru. Kali ini, perubahannya terbilang sangat drastis.
Microsoft memutuskan untuk menghapus awan biru dari logo Skype. Microsoft mungkin merasa inilah waktu yang tepat untuk berhenti mengasosiasikan Skype dengan logo awan yang mungkin dirasa terlalu fun. Yang tersisa sekarang adalah logo ‘S’ yang dikelilingi gelembung dan wordmark baru yang menggunakan font default Microsoft.
Selama beberapa tahun ini, kami sering menggunakan Skype untuk berkomunikasi dengan klien luar.


                        
                                Logo lama Skype
Logo baru Skype 
Saat mengetahui update ini kami cukup membuat kami terkejut, terlebih dengan user interface yang sepertinya berkiblat pada Snapchat. Skype memperkenalkan sebuah fitur baru bertajuk Highlights dan Capture yang berfungsi layaknya Snapchat dan Instagram Stories, tapi fotomu akan bertahan selama satu minggu sebelum akhirnya dihapus.
Sebenarnya wajar saja bila Skype memutuskan untuk menambah fitur-fitur baru agar bisa bersaing dengan messaging app lain seperti WhatsApp (yang sekarang juga mendukung fitur sejenis Snapchat) dan FaceTime (applikasi yang unggul dengan video call-nya). Sayangnya, dengan menambah fitur-fitur ini, Skype malah terkesan seperti messaging app pada umumnya. Kami juga ragu akan kemampuan Skype untuk merebut pangsa pasar messaging app yang sudah kebanyakan Stories.
Meski logo yang lama banyak dikomentari karena terlihat konyol, tapi paling tidak logo ini dapat membedakan Skype dengan logo lain. Kami berani bertaruh siapapun pasti bisa mengenali logo Skype meski dari kejauhan. Beda halnya jika rebranding Skype ini dilakukan Microsoft untuk membuat konsistensi brand untuk produknya. Logo Skype yang sekarang terlihat lebih korporat memang terlihat koheren bila dideretkan seperti gambar di bawah ini.

  sayang nya, kombinasi logo baru Skype tidak terlihat proporsional. Logo yang bubbly dan bulky terlihat kontradiktif dengan font korporat milik Skype. Logo baru ini memang efektif untuk memperkuat konsistensi brand tetapi tidak terlalu efektif untuk membuat Skype menonjol sebagai standalone messaging app.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel